Tuesday, June 5, 2012

Cara Membuat Bakso Super Enak

Pasti kalian penasaran bagaimana cara membuat bakso yang enak. Ada berbagai macam cara membuat bakso super enak, baik itu bakso sapi, bakso ayam, bakso ikan, bakso udang, dan masih banyak lagi bakso-bakso yang lain. Kali ini saya mencoba berbagi resep cara membuat bakso dari daging sapi atau daging ayam. Ok deh, kita mulai Bapak-bapak... Ibu-ibu... Masak Yuk... :)

Baiklah, pertama-tama kita siapkan bahan untuk membuat bakso :

300 gram daging sapi cincang atau ayam cincang
3 sendok makan tepung kanji (TAPIOCA FLOUR)
3 buah bawang putih yang sudah dihaluskan / 2 sendok teh GARLIC POWDER
1 butir telur ayam, putihnya saja
1 sendok teh BAKING POWDER agar bakso mengembang bagus
1 sendok teh garam halus
1 buah maggi block ( kaldu )
merica bubuk seperlunya
pala bubuk seperlunya

Mari kita mulai proses pembutan bakso :

Campur dan aduk semua bahan-bahan yang ada dengan menggunakan blender sampai halus dan rata. Kalau perlu lakukan berulang-ulang hingga bahan-bahan tercampur merata dan halus. Beri sedikit air es agar lebih mudah diblender.

Setelah proses pencampuran di atas selesai, maka kita mulai proses membuat bakso. Dengan menggunakan 2 buah sendok, kita buat bulatan-bulatan bakso. Atau kamu bisa menggunakan tangan untuk membuat bakso, caranya dengan meletakkan sedikit adonan yang kita buat tadi di atas telapak tangan, genggam dan keluarkan melalui celah antara jempol dan jari telunjuk, lalu potong dengan sendok bulatan bakso yg keluar dari genggaman tadi. Langsung masukkan kedalam air yang telah mendidih (langsung direbus).

Tunggu hingga bakso matang, lalu tiriskan.

Sedikit berbagi cara membuat bakso dari saya, semoga bermanfaat bagi perut kita semua :)





No comments:

Post a Comment